Breaking News

Senin, 11 Juni 2018

KENAPA LEBARAN HARUS MUDIK?

Lebaran Idul Fitri atau biasa disebut "Lebaran Mudik" dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri tiba, orang-orang Islam umumnya saling bersalam-salaman dan bermaaf-maafan dengan tetangganya, juga keluarganya setelah menunaikan Salat Ied. Karena itulah, hingga kini momen Lebaran identik dengan mudik. Namun haruskan kita mudik saat Lebaran? Padahal, tidak jarang mudik terkesan memaksakan, baik dari segi ekonomi maupun keselamatan. Bahkan, mudik tak hanya berujung pada suka cita. Banyak juga mudik yang berakhir dengan duka atau kematian.

Dengan berbagai macam persiapan, baik tenaga, finansial, kendaraan, pakaian dan oleh-oleh perkotaan. Ditambah lagi dengan gengsi bercampur pamer, mewarnai gaya mudik. Kadang dengan terpaksa harus menguras kocek secara berlebihan, bahkan sampai harus berhutang. Sehingga banyak yang lebih antusias menyambut mudik lebaran daripada mengejar pahala puasa dan lailatul qadr.

Sebenarnya, mudik tidak ada kaitannya dengan ajaran Islam karena tidak ada satu perintah pun baik dari Alquran maupun Sunnah yang menyatakan bahwa setelah menjalankan ibadah Ramadan harus melakukan mudik agar bisa melakukan acara silaturahmi untuk kangen-kangenan dan maaf-maafan, karena silaturahmi bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan dan kondisi.

Ada pengaruh media juga yang bikin mudik jadi makin identik sama lebaran. Sedikit banyak media juga punya andil pada kegiatan pulang kampong, ini kelihatan cuma wajib dilakukan pas lebaran. Kamu lihat saja pemberitaan yang dibuat semua media tiap kali lebaran datang. Sementara, kalau ada kegiatan pulang kampung dihari biasa, media belum tentu kan memberitakan hal yang sama. 

Menurut tradisi lebaran di Indonesia, mudik adalah tradisi yang sudah dijalani turun temurun. Orang tua, jika anaknya tak datang saat Lebaran, seperti ada yang hilang. Ada yang kurang. Itulah sebabnya, anak berusaha untuk tidak mengecewakan orang tua. Mereka pulang ke kampung untuk bertemu orang tua, saudara, teman, atau yang lain. "Ini bagian dari menunjukkan rasa gembira kita. mudik juga menjadi satu-satunya cara bagi sebagian orang untuk bertemu keluarganya. Jadi bukan pamer keberhasilan. Melainkan kesempatan mengunjungi kampung halaman, bertemu teman, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Edited By Heppy..