Breaking News

Jumat, 06 Oktober 2017

Menumbuhkan Kecerdasan Pada Anak

Serba serbi - Menjadi orang tua merupakan sebuah tanggung jawab yang besar. Tidak semua orang mendapatkan kepercayaan ini. Ada yang tidak memerlukan usaha banyak untuk mendapatkan momongan, namun tidak jarang pasangan yang perlu mencari berbagai cara untuk dapat menimang si buah hati. Namun saat si kecil yang hadir, ia mengubah kehidupan Anda menjadi hal yang benar-benar baru. Anda dan pasangan akan merasakan menjadi keluarga seutuhnya, dengan seorang bayi kecil yang mewarnai hari-hari Anda.

Kecerdasan anak tidak datang dengan sendirinya, dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting, terutama Ibu. Untuk mewujudkan dan menghasilkan anak yang cerdas, maka ada beberapa aspek yang harus Ibu persiapkan dan semuanya itu harus dimulai sejak bayi.

1. Berikan kasih sayang pada anak

Tanpa kasih sayang, perhatian yang tulus, tumbuh kembang bayi tidak maksimal. Ketika dari bayi, anak kurang merasakan kasih sayang orang tua terlebih kasih sayang seorang Ibu, rangsangan kecerdasan anak akan terganggu, yang dimana sistem kerja otak pada anak menurun. Ciptakan rasa kasih dan sayang melalui pelukan, ciuman, belaian dan interaksi verbal yang terarah tujuannya agar anak merasa nyaman dan senang. 

2. Ajarkan anak konsumsi makanan yang bergizi

Mengajarkan pola ​makan​ sehat pada anak memang gampang-gampang susah. Tak bisa instan, butuh waktu yang cukup lama untuk mengajarkan anak menyukai makanan sehat. Dengan proses pengenalan makanan hingga mengolahnya menjadi makanan kesukaannya, pola makan sehat ini tentu bisa diterapkan agar si kecil tumbuh sehat.

3. Berikan stimulasi pada anak

Pada saat bayi baru lahir, sel-sel otaknya belum terkoneksi satu sama lain dengan sempurna. Dengan memberikan stimulasi secara berkala, Ibu secara langsung membantu sistem kerja otak anak menjadi sempurna. Stimulasi yang dapat Ibu berikan dapat berupa nyanyian, sapaan, sentuhan, bermain bersama atau sekedar mengajak ngobrol bayi. Lakukan sambil menatap mata dan menyentuh tubuh bayi. Apa yang Ibu lakukan tersebut sebagai landasan bagi perkembangan bahasa bayi dan peluang bagi bayi untuk tumbuh menjadi anak yang lebih cerdas.

4. Arahkan pada hal-hal yang positif

Saat memiliki seorang anak, orang tua memiliki kewajiban besar untuk menjadikan mereka sosok orang yang baik di masa kini dan masa depan. Nah, salah satunya adalah menumbuhkan sikap dan perilaku positif sejak dini. Ingatlah bahwa orangtua harus mampu menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka. Dalam hal ini peran penting orangtua tentu saja tidak sebatas memberikan arahan, melainkan menjadi contoh yang baik bagi anak. Perlu kita ketahui bahwa sifat dasar anak adalah meniru, maka dari itu berperilaku yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan untuk membentuk kepribadian positif pada anak.

5. Menciptakan lingkungan rumah yang sehat

Mewujudkan lingkungan rumah yang sehat memang bisa dicapai dengan rajin membersihkan setiap bagian rumah. Namun, hindari membersihkan dapur atau mengelap jendela menggunakan produk cairan sembarangan, karena dapat meninggalkan endapan beracun pada area atau barang yang dibersihkan. Oleh sebab itu bisa menggantinya dengan produk pembersih alami. Menjaga kesehatannya dengan menciptakan lingkungan rumah yang lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Edited By Heppy..