Breaking News

Senin, 04 September 2017

Traveling Sejarah

Serba serbi. Malang, ketika kita mendengar kata itu yang terbesit di telinga kita pasti kerajaan Singosari. Kerajaan yang pernah berjaya di bumi nusantara denga luas wilayahnya kurang lebih sama dengan wilayah Indonesia pada saat ini. Berbicara tentang kerajaan Singosari tidak akan terlepas dari pendirinya yang sangat fenomenal yaitu Ken Arok pada tahun 1222 M. Singosari merupakan bagian dari wilayah Tumapel yang pada awalnya Tumapel hanyalah sebuah kadipaten yang berada dikawasan kerajaan besar, Kediri, yang dipimpin oleh Tunggul Ametung. 

Tunggul Ametung dibunuh oleh Ken Arok, yang tidak lain pengawalnya sendiri karena terpikat dengan kecantikan istrinya yaitu Ken Dedes kemudian Ken Arok memperistri Ken Dedes. Senjata yang digunakan Ken Arok untuk membunuh Raja Tunggul Ametung dinamakan keris Mpu Gandring sebenarnya keris itu belum sempurna karena tidak sabar memperistri Ken Dedes akhirnya Ken Arok juga membunuh yang pembuat sehingga timbulah kutukan kepada Ken Arok.

Terlepas dari itu semua, Kerajaan Singosari pernah mencapai puncak kejayaan pada saat di pimpin oleh Raja Kartanegara (1268) yang bergelar Sri Maharajadiraja. Di bawah kepemimpinanya Singosari memiliki wiyalah hampir seluruh Indonesia bahkan mencapai Melayu karena ketika dia naik tahta mempuyai ambisi menyatukan nusantara oleh karena itu pejabat yang kolot dan tidak sepaham langsung dia ganti seperti patih Raganata diganti dengan Patih Aragani.

Salah satu peninggalan Raja Kartanegara dan juga digunakan sebagai tempat persemayaman abu jenazahnya adalah Candi Jawi di desa Candi Wates Prigen Pasuruan Jawa Timur, tepat dibawah kaki Gunung Welirang. Nah bagi anda semua yang suka dengan sejarah Indonesia khususnya kerajaan kerajaan nusantara mungkin Candi Jawi menjadi salah satu tujuan alternatif selain candi candi lain di Jawa Timur itu disebabkan Raja Kartanegara pernah mencoba menyatukan Nusantara hingga ke wilayah Melayu. 

Nah sekarang cara untuk mencapai tempatnya sangatlah mudah apalagi anda yang memiliki kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor anda tinggal melihatnya denga Google Maps, bagi anda yang sengaja tidak membawa kendaraan pribadi dapat dicapai dengan naik bus dari arah Surabaya atau Malang turun di terminal Pandaan kemudian menaiki angkutan jurusan Tretes atau Trawas dan anda bisa turun langsung di depan kompleks Candi Jawi.

Gimana mudah bukan untuk mencapai kesana, semoga info bagi anda yang suka traveling ke tempat tempat sejarah di Indonesia khususnya daerah Jawa Timur sekitarnya.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Edited By Heppy..