Breaking News

Rabu, 27 September 2017

Ingin Menyewa Jasa Arsitek? Ketahui 7 Hal Berikut ini

Dewasa ini, kita dapat dengan mudah menemui rumah baru siap huni. Rumah-rumah tersebut ditawarkan oleh pengembang. Tidak heran, penampilan rumah-rumah yang ditawarkan juga terlihat sama. Namun, sebagai masyarakat modern, tidak berarti kita harus membeli rumah siap huni. Bila sudah menjadi impian sejak lama, tidak ada salahnya membangun rumah sendiri. Untuk membangun sebuah rumah, kita membutuhkan rancangan bangunan. Oleh karena itu, kita memerlukan peran seorang artsitek. Memang, kita tidak wajib menyewa jasa arsitek. Kita harus selektif memilih arsitek. Jangan sampai arsitek yang kita pilih malah merugikan kita. Simak 7 hal berikut ini untuk mendapatkan jasa arsitek yang berkualitas.

  1. Biaya Jasa Arsitek

Pada umumnya, terdapat empat cara untuk menghitung biaya jasa arsitek, yakni:
  • Jam konsultasi
  • Luas bangunan
  • Jenis bangunan
  • Persentase biaya konstruksi

Untuk mengetahui cara penghitungan biaya, kita dapat menghubungi asosiasi arsitek di tempat kita. Biasanya, akan ada penghitungan biaya yang sudah disepakati bersama di organisasi tersebut.

Asosiasi Arsitek yang Resmi

Selain menanyakan penghitungan biaya, kita juga disarankan mencari arsitek di asosiasi resminya. Hal ini agar penghitungan biaya yang dikenakan ke kita menjadi lebih transparan. Menggunakan jasa arsitek di asosiasi resmi tentu juga lebih mengurangi resiko kerugian. Bila arsitek melakukan hal yang tidak benar, kita dapat mengadu ke asosiasi arsitek tersebut. Asosiasi arsitek ini kemudian akan membantu kita menyelesaikan masalah. Selain itu, asosiasi juga dapat memberikan sanksi ke arsitek yang bersangkutan.

Revisi

Sebelum proyek dimulai, kita akan memperoleh proposal design dari arsitek. Namun, design pada proposal tersebut belum menjadi design yang resmi. Bila merasa tidak cocok, kita juga bisa memberi masukan pada design tersebut. Kita dapat menanyakan design tersebut secara detail ke arsitek. Design tersebut akan kita gunakan di rumah tinggal kita. Jadi, jangan sampai kita menyesal karena tidak teliti melihatnya. Pada proses pembangunan, bisa saja proposal design ini direvisi. Namun, revisi tersebut harus melalui persetujuan kita.

Kontrak kerja

Jika sudah menyetujui proposal design, kita dapat melakukan perjanjian kontrak kerja. Perjanjian ini mengatur berapa biaya arsitek serta hak dan kewajiban masing-masing pihak. Pada umumnya, kontrak kerja akan disediakan oleh arsitek. Oleh karena itu, kita wajib memahaminya dengan benar. Bila ada yang tidak dimengerti, tanyakanlah pada arsitek yang bersangkutan.

Menghubungi kontraktor

Setelah mendapatkan design rumah, kita juga akan memerlukan kontraktor untuk mengerjakan projek. Biasanya, arsiteklah yang membantu kita mencarikan kontraktor. Karena pekerjaan mereka terkait, arsitek memiliki banyak referensi kontraktor. Namun, kita juga bisa mencari sendiri kontraktornya. Sementara bila dicarikan, mintalah data lengkap kontraktor tersebut. Dengan begitu, kita dapat menilai pengalaman dan kemampuannya. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan biaya. Mungkin saja jika kontraktor dan arsitek yang kita sewa memberikan harga lebih murah.

Proses Pembangunan

Meskipun sudah menandatangani kontrak kerja, kita harus rutin melihat proses pembangunannya. Dengan begitu, kita dapat memastikan proyek rumah kita berjalan lancar. Cobalah untuk mengobrol dengan tukang bangunan yang terlibat. Tanyakan pada mereka mengenai proses pembangunan serta harga materialnya. Setelah itu, kita dapat membandingkan harga tersebut dengan harga yang sudah diperkirakan arsitek. Bila ada manipulasi harga, kita dapat menyadarinya.

Masa Retensi

Masa retensi merupakan masa uji coba setelah bangunan selesai dirampungkan. Jika diibaratkan gadget, masa retensi seperti masa garansi. Biasanya, kontraktor dan arsitek akan memberikan masa retensi selama 3 bulan. Masa retensi mencakup hal-hal seperti atap bocor, tembok retak, serta engsel rusak. Untuk lebih lengkapnya, kita dapat menanyakan masa retensi sebelum menandatangani perjanjian kontrak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Edited By Heppy..